Penyusunan Buku Pembinaan Anak-anak SEKAMI Usia Dini

Ambon, KOMSOS

                Biro Diosesan Karya Kepausan Indonesia (KKI) Keuskupan Amboina terus berupaya meningkatkan mutu pembinaan bagi Anak-Anak SEKAMI (Serikat Kepausan Anak Misioner). Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pembinaan yakni penyusunan buku ajar / buku pembinaan bagi anak-anak SEKAMI usia dini.

Penyusunan buku pembinaan ini antara lain dilakukan oleh sekitar 25 pembina SEKAMI se-Kota Ambon. Pada tanggal 17 – 18 November 2012, mereka berkumpul di Wisma Gonsalo untuk menyusun materi buku pembinaan bagi anak-anak SEKAMI usia dini.

                Penyusunan materi buku pembimbinaan ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan Tim KKI Regio MAM (Makasar Ambon Manado) di Wayare – Ambon, 13 – 14 Juli 2012. Dalam pertemuan regio tersebut, disadari bahwa buku pembinaan anak SEKAMI yang dipakai selama ini hanya cocok untuk anak SEKAMI yang sudah sekolah dan kurang cocok untuk usia pra-sekolah atau anak usia dini. Untuk itu para peserta menyepakati untuk menyusun buku pembinaan khusus untuk anak SEKAMI usia dini. Materi pembinaannya berpedoman pada bacaan pada penanggalan liturgi (tahun A, B, dan C), lebih terbatas pada bacaan Injil Hari Minggu dan Hari Raya. Untuk tahun ini penyusunannya berpedoman pada bacaan liturgi tahun C. Bacaan-bacaan tersebut dibagikan secara merata ke tiga keuskupan yang ada dalam Regio MAM. Dalam penanggalan liturgi tahun C ada 59 bacaan Injil untuk hari minggu dan Hari Raya. Untuk itu dibagi, Keuskupan Makasar mengerjakan bacaan urutan 1 – 20, Keuskupan Amboina mengerjakan bacaan pada urutan 21 – 40 dan Keuskupan Manado mengerjakan bacaan pada urutan 41 – 59.

                Dalam pertemuan di Wisma Gonzalo tanggal 17 -18 November lalu, para Pembina SEKAMI Ambon sudah selesai menyusun 20 bacaan Injil yang menjadi tugas Keuskuan Amboina. Mereka telah menyusunnnya ke dalam materi pembinaan Anak SEKAMI usia dini. Para Pembina dibagi ke dalam kelompok-kelompok menurut paroki yang ada di Ambon. Mereka diberi tanggung jawab untuk menyusun beberapa bacaan dan kemudian diplenokan.

                Hasil penyusunan dari Keuskupan Amboina ini kemudian akan diplenokan bersama dengan materi yang telah disusun di kedua keuskupan lainnya. Rencananya meteri yang telah disusun di masing-masing keuskupan akan diplenokan bersama di Makasar pada tanggal 30 November – 2 Desember 2012 nanti. Bila penyusunan buku pembinaan ini berhasil diselesaikan maka akan memberikan sumbangsih yang sangat besar bagi upaya peningkatan mutu pembinaan bagi anak-anak SEKAMI khusus yang berada di Regio MAM, bahkan untuk seluruh Indonesia. (Ipi. T)